Android Studio

Android Studio 06 June

Android Studio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi resmi (IDE) untuk sistem operasi Android Google, dibangun pada perangkat lunak IntelliJ IDEA JetBrains dan dirancang khusus untuk pengembangan Android. Ini tersedia untuk diunduh pada sistem operasi berbasis Windows, macOS dan Linux. Ini adalah pengganti Eclipse Android Development Tools (ADT) sebagai IDE utama untuk pengembangan aplikasi Android asli.

Android Studio diumumkan pada 16 Mei 2013 di konferensi Google I / O. Itu dalam tahap pratinjau akses awal mulai dari versi 0,1 pada Mei 2013, kemudian memasuki tahap beta mulai dari versi 0,8 yang dirilis pada Juni 2014. Bangunan stabil pertama dirilis pada Desember 2014, mulai dari versi 1.0.

Pada 7 Mei 2019, Kotlin menggantikan Jawa sebagai bahasa pilihan Google untuk pengembangan aplikasi Android. Java masih didukung, seperti halnya C ++.

Android Studio mendukung semua bahasa pemrograman IntelliJ (dan CLion) yang sama, mis. Java, C ++, dan lainnya dengan ekstensi, seperti Go; dan Android Studio 3.0 atau yang lebih baru mendukung Kotlin dan "semua fitur bahasa Java 7 dan subset fitur bahasa Java 8 yang bervariasi menurut versi platform." Proyek eksternal mendukung sejumlah fitur Java 9. mendukung semua versi Java yang dirilis, dan Java 12, tidak jelas ke level apa Android Studio mendukung versi Java hingga Java 12 (dokumentasi menyebutkan dukungan Java 8 parsial). Setidaknya beberapa fitur bahasa baru hingga Java 12 dapat digunakan di Android.

Android Emulator memiliki persyaratan tambahan di luar persyaratan sistem dasar untuk Android Studio, yang dijelaskan di bawah ini:

  • SDK Tools 26.1.1 atau lebih tinggi
  • Prosesor 64-bit
  • Windows: CPU dengan dukungan UG (tamu tidak terbatas)
  • HAXM 6.2.1 atau lebih baru (disarankan HAXM 7.2.0 atau yang lebih baru).

Penggunaan akselerasi perangkat keras memiliki persyaratan tambahan pada Windows dan Linux:

  • Prosesor Intel pada Windows atau Linux: Prosesor Intel dengan dukungan untuk Intel VT-x, Intel EM64T (Intel 64), dan fungsionalitas Execute Disable (XD) Bit
  • Prosesor AMD di Linux: Prosesor AMD dengan dukungan untuk AMD Virtualisasi (AMD-V) dan Tambahan Streaming SIMD Extensions 3 (SSSE3)
  • Prosesor AMD pada Windows: Android Studio 3.2 atau lebih tinggi dan Windows 10 April 2018 rilis atau lebih tinggi untuk fungsionalitas Windows Hypervisor Platform (WHPX).

Untuk bekerja dengan Android 8.1 (API level 27) dan gambar sistem yang lebih tinggi, webcam yang terpasang harus memiliki kemampuan untuk menangkap bingkai 720p.

source: https://en.wikipedia.org/wiki/Android_Studio