Use Case Diagram

Use Case Diagram 08 August

Use case adalah deskripsi fungsi dari sebuah system dari perspektif pengguna. Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipikal interaksi antara user (pengguna) sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai. Urutan langkah-langkah yang menerangkan antara pengguna dan system disebut scenario. Setiap scenario mendeskripsikan urutan kejadian. Setiap urutan dinisialisasi oleh orang, system yang lain, perangkat keras atau urutan waktu. Dengan demikian secara singkat bisa dikatakan use case adalah serangkaian scenario yang digabungkan bersama-sama oleh tujuan umum pengguna.

Dalam pembicaraan tentang use case, pengguna biasanya disebut denga. actor. Actor adalah sebuah peran yang bisa dimainkan oleh pengguna dalan interaksinya dengan system.

Model use case adalah bagian dari model requirement (Jacobson et all 1992). Termasuk disini adalah problem domain object model dan penjelasan tentang user interface. Use case memberikan spesifikasi fungsi - fungsi yang ditawarkan oleh sistem dari perspektif user.

Deskripsi Use Case

Use case adalah abstraksi dari interaksi antara system dan actor, Oleh karena itu, sangat penting Untut' nemilih abstraksi yang cocol, Sebagai aratoh, saat pelangan meneipon restoran untuk melakukan booking, dia akan berbicara kepada Karyawan restoran yang akan mencatat booking tersebut ke system. Untuie melakukan hal tersebut, karyawan akan menjalankan peran sebagai resepsionis meskipun pekerjaam tersebut mungkin bukan pekerjaan formalnva. Pada situasi ini, karyawan merupakan instance dari actor resepsionis dan interaksi diantara karyawan dengan system adalah instance dari use case.

Use case dibuat berdasarkan keperluan actor. Use case harus merupakan 'apa' yang dikerjakan software aplikasi, bukan 'bagaimana' software aplikasi mengerjakannya. Setiap use case harus diberi nama yang menyatakan apa hal yang dicapai dari hasil interaksinya dengan actor. Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada dua use case yang memiliki nama yang sama.

Tujuan Use Case Diagram

Use case diagram digunakan untuk menangkap aspek dinamis dari sistem. Secara lebih spesifik, use case diagram digunakan untuk mengumpulkan kebutuhan dari sebuah sistem baik karena pengaruh internal maupun eksternal.

Use case dapat digunakan untuk menggambarkan analisis kebutuhan dari sistem dari level atas melalui fungsionalitas dari sistem dan interaksi diantara para actor. Actor adalah sesuatu yang berinteraksi dengan sistem.

  • Secara umum, tujuan dari use case diagram bisa digambarkan sebagai berikut:
  • Digunakan untuk mengumpulkan kebutuhan dari sebuah sistem
  • Untuk mendapatkan pandangan dari luar sistem
  • Untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi sistem baik internal maupun eksternal
  • Untuk menunjukkan interaksi dari para actor dari sistem

Use Case: Mengapa Penting?

Use case adalah alat bantu terbaik guna menstimulasi pengguna potensia untuk mengatakan tentang suatu system dari sudut pandangnya. Tidal selalu mudah bagi pengguna untuk menyatakan bagaimana merek bermaksud menggunakan sebuah system. Karena pengembang syster tradisional sering ceroboh dalam melakukan analisis, akibatnya penggun seringkali susah menjawabnya tatkala dimintai masukan tentang sesuatu.

Ide dasarnya adalah bagaimana melibatkan penggunaan system di fase-fase awal analisis dan perancangan system. Dengan demikian diharapkan akan bisa dibangun suatu system yang bisa membantu pengguna. Perlu dingat bahwa use case mewakili pandangan di luar system.